04.21
0
Inilah Tips Tentukan Harga Jual Rumah
Tips Tentukan Harga Jual Rumah
Kebanyakan orang sangat sulit untuk menentukan harga jual rumah apalagi jika yang dijual rumah sekunder (second) dimana takut kemahalan ataupun terlalu murah. Seperti kita ketahui juga rumah sekunder (second) tidak memiliki harga dasar atau patokan tertentu. Untuk itu, kita harus cermat dalam menentukan harga jual rumah agar tidak salah dalam memberikan penawaran sob. Nha berikut ane kasih Tips Tentukan Harga Jual Rumah sob, Lets find out :
  1. Lakukan Survei Lokasi Rumah
    Lakukan survei lokasi rumah tempat anda tinggal untuk mencari pembanding, apakah ada rumah sejenis yang ditawarkan di sekitar rumah yang akan dijual. Lihat harga jualnya. Jika di sekitar tak ada rumah yang dijual, cari di radius yang lebih luas. Hal ini penting sebagai pembanding dan pegangan Anda.
  2. Lakukan Penentuan Harga JualDari harga penawaran yang dilakukan di rumah pembanding, lakukan penyesuaian terhadap rumah yang akan dijual. Perbandingan bisa dilihat dari beberapa poin, seperti luas tanah dan bangunan, legalitas (sertifikat), karakteristik rumah (arah hadap, bebas banjir atau tidak, bentuk dan usia bangunan, dan lain-lain). Dengan demikian, akan terlihat harga pasar yang pantas untuk rumah yang akan dijual.
  3. Buat Harga JualJika secara keseluruhan rumah yang akan dijual lebih baik dibanding rumah pembanding, maka tawarkan harga yang lebih tinggi. Begitu pula sebaliknya.
  4. Jika Kurang Yakin, Coba Analisa
    Untuk menguji benar atau tidak harga yang telah ditetapkan, coba analisa harga tanah dan bangunan secara terpisah.
    Misalnya harga tanah Rp 500 juta dan harga bangunan Rp200 juta, maka sebaiknya Anda menawarkan rumah dengan harga 20% di atas harga tersebut (celing price), yakni sekitar Rp 850 juta.
    Jika nanti terjadi negosiasi, maka Anda bisa mempertahankan harga wajar yang telah ditentukan sebelumnya (floor price), yakni Rp700 juta.
  5. Alternatif Lain, Gunakan Situs Jual Beli Rumah
    Jika Anda tidak sempat melakukan survei untuk menentukan harga, sebaiknya Anda mengakses Situs Jual Beli Rumah Properti Online di www.DOPENHOUSE.com. Dari situs Dopenhouse tersebut Anda dapat dengan mudah mencari harga jual di sekitar lingkungan Anda dengan Mode Search sesuai dengan Lokasi rumah anda.
Semoga tips jual beli rumah diatas dapat membantu anda menentukan harga jual rumah anda dengan baik. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar